Sosialisasi dan Bimtek Kearsipan 2018: Arsip Sebagai Simpul Pemersatu Bangsa

(11/10/2018) Manado – Menyadari Arsip sebagai tulang punggug manajemen pemerintahan, akuntabilitas kinerja aparatur dan bahan pertanggungjawaban pemerintahan, maka Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Kearsipan, kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dimana pada hari ke-1 dengan para peserta terdiri dari pengelola arsip Perangkat Daerah, BUMD, Ormas, Orpol, dan Perusahaan se Kota Manado, dan hari ke-2 dari pengelola arsip SD/Mi, SMP/Mts se kota manado.  Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 09-10 Oktober 2018 tersebut bertempat di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado.

Adapun yang membuka kegiatan tersebut adalah Asisten Administrasi Umum Pemkot Manado, Frans P. Mawitjere S.H,mewakili Walikota Manado Dr. Ir. G. S Vicky Lumentut S.H, M.Si, D.E.A. Dan sebagai Narasumber pada kegiatan ini yaitu Narasumber I Drs. Refli Mamusung (selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado),  Narasumber II Sri Wulandari S.ST, Ars (selaku Arsiparis Ahli Madya, Arsip Nasional Republik Indonesia), Narasumber III Drs. Noffree Rumenser (Selaku Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sulut). Para peserta diberikan materi tentang Pokok-Pokok Kearsipan, Pengelolaan Arsip Dinamis, dan dilanjutkan dengan praktek langsung pengelolaan arsip.

Diakhir kegiatan para peserta menerima Sertifikat sebagai bukti telah mengikuti Sosialisasi dan Bimtek Kearsipan.

"Setiap OPD, BUMD, Ormas, Orpol, Perusahaan, SD/MI dan SMP/Mts dapat mengelola arsip dilingkungannya masing masing sesuai UU No 43 tahun 2009 tentang kearsipan, demikian juga dapat mengelola arsip sesuai aturan dan kaidah-kaidah yang baku sebagaimana pengertian arsip yang meliputi rekaman kegiatan dan peristiwa yang terdokumentasi baik secara tertulis, audio maupun audio visual”. Ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado, Drs. Refli Mamusung.

 

(foto lebih lengkap Sosialisasi dan Bimtek Kearsipan ada dalam Galeri website)


  12 Oktober 2018 | 160 Kali Dilihat

Widget Kominfo