DISPERSIP Kota Manado Launching Aplikasi E-Book

Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan meluncurkan aplikasi layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi digital melalui elektronik book (e-Book), di Youth Center, Kawasan Mega Mas, Selasa (11/12/2018).

Wali Kota Manado Vicky Lumentut diwakili Asisten Dua Pemkot Manado Robby Mottoh mengatakan, launching e-Book ini merupakan langkah sinergis dengan konsep pembangunan Manado sebagai smart city yang mengutamakan efektivitas dan efisiensi dalam kehidupan masyarakat. “Saya mengimbau agar penerapan dan pengelolaan e-Book ini dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya. Jumlah koleksi buku digital harus terus menerus diperbanyak dan diperbaharui,” ujarnya.

Dia meminta, sosialisasi maupun publikasi harus gencar dilakukan agar segenap masyarakat Manado dapat mengetahui, mengakses dan memanfaatkan layanan ini dengan maksimal. Karena aplikasi e-Book ini akan menjadi sia-sia apabila tidak dapat menjangkau masyarakat yang luas. “Ini juga penting sebagai bagian untuk mendorong peningkatan minat budaya baca yang masih sangat rendah,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan Refly Mamusung mengatakan, e-Book merupakan inovasi yang dilakukan dinasnya untuk meningkatkan minat baca sesuai visi misi Pemkot Manado.

“Layanan perpustakaan bukan hanya sebatas perpusatakaan mobil keliling, layanan langsung, tetapi juga berbasis online melalui e-Book. Sehingga di mana saja masyarakat bisa membaca buka hanya lewat smartphone,” katanya.

Menuru dia, dalam aplikasi e-Book ada 709 buku digital. Ada ilmu murni, ada teknologi terapan, filasafat, geografis, sejarah dan karya umum lainnya. “Jadi masyarakat bisa download aplikasi di play store kemudian bisa memilih buku bacaan,” pungkasnya


  12 Desember 2018 | 182 Kali Dilihat

Widget Kominfo